Ungkapan-ungkapan Bahasa Bali


Mempelajari sebuah bahasa dapat juga melalui ungkapan. Kita dapat menemukan beberapa beberapa ungkapan unik baik berupa kata kata atau bagian kalimat yang sulit diterjemahkan dalam bahasa sendiri. Sayangnya, tidaklah banyak ungkapan ungkapan bahasa bali yang dapat didengari akibat hampir jarang mendengar masyarakat Bali menggunakan bahasa Bali di kehidupan sehari-harinya serta penggunaan Bahasa Indonesia yang berlebihan, bahkan ungkapan ungkapan Bahasa Indonesia menjadi kebiasaan mereka.

Terdapat banyak sekali ungkapan yang ada di Bali yang dapat saya temukan, baik ungkapan keagamaan maupun yang dapat digunakan sehari hari.

Om Swastiastu
Salah satu ungkapan keagamaan dalam agama Hindu. Digunakan sebagai sapaan sesama kita yang berisi doa agar seluruh mahluk hidup dapat melakukan aktivitasnya dengan selamat.

Om Santi Santi Santi Om
Salah satu ungkapan keagamaan dalam agama Hindu. Digunakan untuk berpamitan dengan orang yang bertemu atau minta ketemu dengan kita.

Matur Sukseme
Ungkapan sehari hari yang artinya “terima kasih”. Bila ingin membalas ungkapan ini harus menggunakan ungkapan “suksma mewali”.

Sing Kasar, Sing Akrab
Hanya di daerah Buleleng, Bali. Apabila diartikan dalam bahasa indonesia, artinya "kalau kita tidak berbicara kasar antar teman, maka kita belum dianggap teman baik atau teman akrab mereka”.

Tyang Tresna Ragane
Ungkapan cinta. Digunakan saat ingin mengungkapkan isi hati seseorang kepada lawan jenisnya.

Dwi Tunggal
Ungkapan yang digunakan sebagai slogan untuk mempersatukan seluruh umat yang berbeda keyakinan dan aliran kepercayaan.

Sampat Lidi
Apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia, artinya “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Peribahasa serapan dari Bahasa Indonesia yang kemudian di lokalisasi oleh orang Bali.

Diang Tresne
Salah satu ungkapan cinta.

Cara Kebo Membalih Gong
Ungkapan sindiran. Artinya “tidak mengerti apa yang sedang terjadi”.

Tulis Gidat

Artinya dalam Bahasa Indonesia adalah “Tulisan di dahi”. Arti dari ungkapan ini adalah takdir kehidupan yang harus dijalankan.

Comments

Popular posts from this blog

Arti-arti Bahasa bali

Bahasa Sarkstik di Bali